-->

Partners

Tajuk Rencana


Pengertian, Ciri, dan Contoh Tajuk Rencana

Dalam media cetak, seperto koran ataupun majalah (surat kabar) selalu kita dapati kolom khusus yang bertuliskan tajuk rencana. Sebenarnya apasih yang dimksud dengan tajuk rencana??? Apakah hanya terdapat pada surat kabar saja??? Kali ini kelasindonesia.com akan mengupas mengenai tajuk rencana serta ciri dan penjelasannya.

Tajuk rencana merupakan karya tulis semi ilmiah yang dibuat oleh pemimpin redaksi atau editor terhadap isu yang menjadi isu pokok yang dibahas dalam surat kabar tersebut. Tajuk rencana disebut juga editorial. Tulisan tajuk rencana berisi tulisan mengenai sudut pandang atau ulasan atau komentar editor terhadap isu yang sedang hangat atau berita utama pada surat kabar yang diterbitkan. Kenapa tajuk rencana disebut tuisan semi ilmiah, karena dalam tajuk rencana menyajikan fakta yang aktual yang benar-benar terjadi kemudian fakta tersebut ditanggapi oleh editor tentu dalam sudut pandangnya guna menginformasikan harapan kepada pembaca.


Tulisan tajuk rencana dpat dengann mudah dikenali karena memiliki ciri yang khas, antara lain:

a.       Merupakan tulisan pendek 
b.      Tergolong prosa nonfiktif semi-ilmiah, karena isu-isu yang ada adalah isu faktual (nyata)
c.       Hanya dimuat di surat kabar
d.      Gaya bahasa yang formal
e.       Tajuk recana berisi opini kepala redaksi surat kabar terhadap suatu isu yang sedang hot.
f.       Tulisan tajuk rencana dmaksudnya untuk memberika pandangan kepada masyarakat serta bermaksud untuk mengajak masyarakat tertarik dengan isu yang sedang diperbincangkan.
Penulisan tajuk rencana memiliki beberapa tujuan, yaitu:
·         Mengajak masyarakat (pembaca) untuk ikut berpikir dalam masalah (isu/topik) yang sedang hangat terjadi di kehidupan sekitar. 
·         Memberikan pandangan kepada masyarakat terhadap isu yang sedang berkembang
Dalam menulis tajuk rencana ada beberapa aturan yang harus dipatuhi, yaitu: 
a.       Data/informasi yang disajikan adalah fakta, real, apa adanya.
b.      Penulis harus jujur dan mampu menganalisis isu yang sedang berkembang serta solusinya
c.       Kesimpulan yang akan diputuskan harus bersifat objektif didasarka pada data-data yang formal
d.      Tidak ingin mengambil keuntungan untuk pribadi dari masalah yang dibahas
e.       Memverifikasi kesimpulan sebelum dipublish, hal ini untuk mengurangi kesalah pahaman.
f.       Menanggapi perbedaan pendapat dengan santun. 
Sebelum menulis tajuk rencana, penulis (ketua redaksi) harus memeperhatikan hal-hal berikut sebagai bahan pertimbangan materi tajuk rencana yang endak ditulis:

·         Mengungkapkan peristiwa/isu/topik yang faktual (nyata)
·         Matri bersifat menjelaskan, artinya materi yang disajikan menceritakan kronologi terjadinya peristiwa
·         Tajuk rencana merupakan sebuah bujukan. Materi-materi yang disampaikan dalam tajuk rencana bersifat bujukan, agar masyarakat ikut terlibat dalam pemikiran yang sama untuk suatu isu.
·         Materi tajuk dapat juga berupa pujian untuk memuji hasil kinerja seseorang, kelompok, atau pemerintah. 
·         Materi tajuk bersifat menghibur dengan selingan lelucon.

Seperti pada karya sastra formal lainnya, tajuk rencana yang merupakan tulisan semi-ilmiah memiliki beberapa aturan atau format yang hendak ditulis. Berikut penjelasannya:

1.      Judul, terkait dengan topik/ isu yang hendak dibahas
2.      Latar belakang. menjelaskan sepintas akan isu/ topik.
3.      Tokoh. Mengungkapkan tokoh-tokoh yang terkait (opsional)
4.      Masalah. Mengutarakan masalah yang terjadi dalam isu.
5.      Peristiwa, hal-hal yang terjadi pada isu
6.      Opini penulis terkait dengan isu tersebut
7.      Saran  terhadap permasalahan yang muncul pada isu tersebut
8.      Kesimpulan, ringkasan dari pembahsan.
9.      Anggota redaksi, mengenakan tim yang terlibat dalam pemberitaan dalam surat kabar.


















Media Sosial  Media Jualan

Bisnis online semakin berkembang dan diminati seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Dengan adanya bisnis online, kini semua orang dapat berdagang dimana saja tanpa harus memikirkan uang sewa tempat atau modal yang besar. Adalah MS pemiliki lamborghini Ghallardo yang dibelinya seharnga Rp. 5,5M dari hasilnya berjualan online. Perempuan kelahiran Lampung ini merupakan anak dari seorang petani. Kegigihannya untuk sukses membuahkan hasil. Berkat adanya media sosial, sinta lebih mudah meraih pasar. MS telah terlatih berjualan sejak ia duduk dibangku SMA. Keterampilan yang ia warisi dari ayahnya yang suka berbisnis menjadi bekal sinta dalam mengolah bisnisnya.  

MS adalah satu dari banyak pengguna media sosial yang berdampak positif untuk menghasilkan uang. Senada dengan MS, RM pun memanfaatkan media sosial sebagai media untuk berjualan. Hanya saja RM menjajakan wanita-wanita muda  yang menjadi wanita bayaran untuk memuaskan nafsu-nafsu laki-laki hidung belang. Pendapatan RM sungguh lumayan, ia mendapat 40% dari total pembayaran. Dulunya RM adalah seorang makeup artis, ia sering mengupload artis-artis (yang kebanyakan tidak terlalu tenar) di akun media sosialnya. Kemudian banyak pejabat-pejabat atau laki-laki yang menghubunginya untuk mengorder wanita yang bersamanya. Tak disangka-sangka RM terjerat dalam praktek prostitusi online. Karena bayaran yang ia terima lumayan, RM tak berencana untuk menghentikan bisnis onlinenya itu. Sampai saat ini ia ditahan di kantor kepolisian.

Menurut saya, media sosial adalah media yang banyak memberikan keuntungan. Banyak hal-hal positif yang dapat didapatkan dari media sosial, seperti yang dilakukan oleh MS. Sementara itu tak ada yang bisa membatasi aktivitas di media sosial, sehingga tindak kejahatan serta melenceng seperti yang dilakukan oleh RM adalah salah satu dampau buruknya. Intinya adalah, kita sendiri yang menciptakan aturan dalam media sosial dan tetap selalu waspada akan hal-hal yang dapat terjadi. Dari dua kisah di atas, terbukti bahwa media sosial dapat menjadi tempat media berjualan yang amat baik. Pasar lebih luas dicapai melalui media sosial, bahkan di media sosial dapat berjualan tanpa modal dan mendapatkan hasil maksimal.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter